Notification

×

Iklan

Iklan

Ronald Reagen, Presiden AS yang Alami Percobaan Pembunuhan

Minggu, 04 April 2021 | 06:18 WIB Last Updated 2021-04-03T23:22:49Z
Ronald Reagen
Ronald Reagen, Presiden ke-40 Amerika Serikat (Ist).

TOKOH DUNIA, BININTA.COM - Ronald Reagen (6 Februari 1911 - 5 Juni 2004) adalah salah satu dari beberapa Presiden AS yang mengalami percobaan pembunuhan.

Pada tanggal 30 Maret 1981, Reagen ditembak John Hinckley Jr., seorang penggemar berat artis Jodie Foster, saat sedang berjalan menuju mobil Kepresidenan di depan Hotel Hilton, Washington DC.

Dia tertembak di bagian paru kiri dan segera dilarikan ke Rumah Sakit. 

Presiden AS ke-40 itu harus menjalani operasi selama 2 jam sebelum akhirnya dinyatakan dalam kondisi stabil.

Dia berhasil "comeback" dari penembakan yang hampir menghilangkan nyawanya itu lalu menjalankan pemerintahan AS dari Rumah Sakit, dan kemudian kembali ke Gedung Putih bagaikan pahlawan hingga akhirnya berhasil meloloskan kebijakan ekonominya yang terkenal 'kontroversial' di Kongres AS.

Tentang Presiden Ronald Reagen


Presiden Ronald Reagen atau nama lengkapnya Ronald Wilson Reagen lahir pada 6 Februari 1911 dari pasangan Nelle dan John Reagan di Tampico, Illinois, AS.

Dia bersekolah di SMA dekat Dixon dan kemudian melanjutkan studinya di Eureka College di Illionois. Di sana dia belajar Ilmu Ekonomi dan Sosiologi, bergabung dengan tim sepak bola, dan tampil dalam pentas drama sekolah serta menjadi Presiden mahasiswa.

Setelah lulus, dia menjadi penyiar radio untuk berita olahraga. Lalu pada tahun tahun 1937 dia berhasil lolos casting film di Hollywood dan selama dua dekade berikutnya dia bermain di 53 film.

Reagen menikah dua kali semasa hidupnya. Pernikahan pertamanya dengan aktris Jane Wyman pada tahun 1940. Keduanya dikaruniai dua orang anak, yakni Maureen dan Michael. Namun dia dan Jane bercerai pada pada tahun 1948. Anaknya Maureen meninggal pada tahun 2001. 

Pada tahun 1952 ia menikahi untuk kedua kalinya dengan Nancy Davis, yang juga seorang aktris, dan mereka memiliki dua anak, Patricia Ann dan Ronald Prescott. 

Aktor yang Terjun ke Dunia Politik


Ronald Reagen terpilih sebagai presiden Screen Actors Guild pada tahun 1947. Dia dan organisasi ini sangat menentang menyebarnya paham komunisme dalam industri film AS. Posisinya ini turut mengubah pandangan politiknya dari liberal menjadi konservatif. 

Dalam pemilihan Presiden AS tahun 1952, dia mendukung kandidat dari partai Republik yang kemudian terpilih menjadi Presiden AS ke-34 Dwight Eisenhower.

Pada tahun 1950-an pula karirnya di dunia film semakin merosot. Reagen memilih aktif sebagai pembawa acara TV, menjadi juru bicara konservatisme hingga akhirnya diberhentikan pada tahun 1962.

Di tahun yang sama, dia menyatakan diri sebagai anggota partai Republik.

Gubernur California


Pada tahun 1966, Reagen mencalonkan diri sebagai Gubernur California dari Partai Republik melawan kandidat dari Partai Demokrat, Pat Brown.

Terjun langsung dalam kontestasi politik, Reagen mengubah pendekatan politiknya. Dia memposisikan diri sebagai warga negara biasa dan mencitrakan ketidakefektifan pemerintahan di bawah Gubernur yang sedang menjabat.

Dia juga mulai menunjukkan citra dirinya sebagai seorang yang ramah dan penuh dengan selera humor. 

Citranya inilah yang membuat dia dicintai oleh warga California dan akhirnya terpilih sebagai Gubernur California dengan selisih satu juta suara dengan Pat Brown. 

Dia terpilih kembali pada tahun 1970.

Presiden Ke-40 Amerika Serikat


Pada tahun 1980, Ronald Reagan memenangkan nominasi Presiden dari partai Republik. Dia memilih mantan anggota Kongres asal Texas dan Duta Besar AS untuk PBB George Bush  sebagai pasangannya.

Saat itu, publik AS sangat terpukul karena inflasi dan kecewa atas penyanderaan warga AS di Iran.

Hal ini membuat tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden Jimmy Carter dan Partai Demokrat semakin menurun, sehingga Reagen menang telak dalam pemilihan elektoral.

Reagan memenangkan 489 suara elektoral dan Presiden Jimmy Carter mendapatkan 49 suara elektoral. 

Reagen dilantik pada 20 Januari 1981 dan dinyatakan secara sah sebagai Presiden AS. Dia dan Bush kembali terpilih untuk periode kedua pada tahun 1984.

Percobaan Pembunuhan


69 hari setelah pelantikannya, Presiden Reagen mengalami percobaan pembunuhan. Dia menjadi salah satu di antara sekian presiden AS yang mengalami percobaan pembunuhan.

Secara keseluruhan, ada empat Presiden AS yang tewas dibunuh, yakni Abraham Lincoln (1865), James A. Garfield (1881), William McKinley (1901) dan John F. Kennedy (1963).

Sementara Presiden Reagen dan Presiden Theodore Roosevelt adalah dua di antara Presiden AS yang terluka karena percobaan pembunuhan. 

Reagen ditembak oleh John Hinckley Jr. saat sedang berjalan menuju mobil Kepresidenan di depan Hotel Hilton Washington DC. Saat itu dia baru saja menghadiri pertemuan organisasi buruh.

Dia tertembak di sekitar bagian paru-paru kiri dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit oleh Secret Service. Dua jam menjalani operasi, dia kemudian dinyatakan dalam kondisi stabil.

Dalam persidangan terungkap, motif pembunuhan Reagen ternyata dilatarbelakangi oleh obsesi Hinckley terhadap artis Hollywood Jodie Foster.

Agar ingin dikenal oleh Jodie Foster, dia nekat menembak Presiden.

Hinckley lalu dinyatakan tidak bersalah dari tuduhan "Upaya Pembunuhan terhadap Presiden" dengan alasan mengalami gangguan jiwa sehingga dia ditahan di Rumah Sakit Jiwa hingga pembebasannya pada tahun 2018.

Meskipun Reagen hampir kehilangan nyawanya, namun insiden ini malah melambungkan popularitasnya. Sehari setelah operasi, dia melaksanakan tugas Kepresidenan dari Rumah Sakit.

Dia disambut bagaikan pahlawan oleh publik AS dan Kongres meloloskan undang-undang percepatan ekonomi yang diusulkannya, mengekang inflasi, meningkatkan lapangan kerja, dan memperkuat pertahanan nasional. Dia juga memulai kebijakan pemotongan pajak dan menghemat pengeluaran pemerintah.

Keberhasilan kebijakan di periode pertamanya sebagai Presiden mengantarkannya kembali memenangkan Pemilihan Presiden AS tahun 1984 dengan kemenangan telak 525 suara elektoral dari kandidat partai Demokrat Walter F. Mondale (13 suara elektoral). 

Kemenangan dengan suara elektoral sebanyak yang dia peroleh belum pernah terjadi dalam sejarah Pilpres AS. 

Meninggal Dunia


Ronald Reagen meninggal dunia pada 5 Juni 2004 setelah perjuangan panjang melawan penyakit Alzheimer yang dideritanya. Jasadnya kemudian dimakamkan di Ronald Reagen Presidential Library di Simi Valley, California.

(ar)
×
Berita Terbaru Update