Notification

×

Iklan

Iklan

Akun Instagram Anda Diblokir Teman? Ini Cara Mengeceknya

Selasa, 06 April 2021 | 08:27 WIB Last Updated 2021-04-06T01:27:56Z
Instagram Diblokir
Ilustrasi Instagram (Dok. Pixabay).

TEKNO, BININTA.COM - Media sosial seperti Instagram dapat menghubungkan sesama penggunanya. Pengguna bisa berkomunikasi baik dengan teman, saudara, rekan kerja bahkan orang asing sekalipun.

Namun terkadang muncul masalah antara pengguna yang berteman di Instagram, sehingga ujungnya seorang pengguna memblokir pengguna lainnya.

Ketika hal ini terjadi kepada anda, misalnya ada teman Instagram yang memblokir anda, hal ini tidak bisa diketahui karena tidak ada notifikasi yang muncul saat akun instagram seorang pengguna diblokir pengguna lainnya.

Sehingga anda harus mencari tahu sendiri, apakah akun anda diblokir teman, saudara, keluarga, atau rekan kerja.

Reader's Digest berbagi enam cara yang bisa anda coba untuk mengetahui apakah akun anda diblokir atau tidak.

1. Cari Profil Pengguna yang Diduga Memblokir Akun Anda


Langkah pertama untuk mengetahui akun instagram anda diblokir atau tidak adalah dengan mencari profil pengguna yang diduga telah memblokir akun anda. 

Caranya adalah anda klik menu "search", lalu ketik username akun pengguna tersebut. Apabila profil pengguna tersebut muncul di pencarian, ada beberapa skenario yang kemungkinan dapat terjadi.

Pertama, jika profil pengguna yang diduga memblokir akun Anda bersifat publik dan Anda masih dapat melihat unggahannya, itu artinya Anda tidak diblokir. 

Sebaliknya, jika profil pengguna tersebut bersifat publik tapi Anda tidak bisa melihat unggahan, follower maupun following miliknya, itu artinya akun Instagram Anda diblokir oleh pengguna tersebut.

Kedua, apabila akun pengguna tersebut bersifat pribadi atau private dan anda masih bisa melihat  follower maupun following miliknya, itu artinya akun Instagram Anda tidak diblokir.

Untuk akun pribadi seperti ini, anda bisa follow akunnya dan jika pertemanan disetujui, anda baru bisa melihat unggahannya.

Namun, jika username pengguna tersebut tidak muncul sama sekali saat anda cari, itu berarti ada dua kemungkinan. Pertama akun pengguna tersebut dinonaktifkan atau dihapus dan kedua, akun Instagram Anda di-block. 

2. Cek Profil Anda


Meskipun seseorang telah memblokir Anda, komentar atau tag lama di profil milik Anda sendiri tidak dihapus. Silahkan anda buka tag atau komentar yang berkaitan dengan akun pengguna yang diduga memblokir anda.

Apabila username pengguna tersebut masih muncul di komentar atau tag, yang perlu anda lakukan hanya mengklik username-nya. 

Ketika diklik maka anda akan diarahkan ke profil orang tersebut. Apabila muncul jumlah unggahan, follower, dan following di profilnya, itu berarti akun anda di di-block.

Namun apabila anda tidak bisa melihat unggahannya sama sekali, itu artinya akun Instagram Anda di-block.

3. Cari Username Melalui Browser


Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan mencari username teman Anda di Instagram melalui browser. 

Anda cukup tuliskan instagram.com/username di browser dan ubah "username" tersebut hadle Instagram teman yang diduga memblokir Anda. Tapi sebelumnya, anda juga harus login ke dalam akun Instagram anda sendiri melalui browser yang sama. 

Apabila dari hasil pencarian muncul keterangan "Sorry, this page isn’t available" atau "Maaf, halaman ini tidak tersedia", itu artinya akun Anda telah di-block. Namun kemungkinan lainnya juga adalah akun yang dicari telah dinonaktifkan atau dihapus.

Untuk mengetahui apakah akun anda di-block atau akun orang tersebut telah dihapus, anda bisa kembali melakukan cara yang sama dengan menggunakan jendela browser incognito atau penyamaran, tapi sebelum itu anda log out terlebih dahulu dari akun Instagram anda di browser tadi.

Anda kembali tuliskan instagram.com/username dengan username pengguna yang dimaksud melalui jendela incognito dan apabila dengan cara ini anda dapat melihat profil pengguna tersebut, itu berarti akun Instagram anda sudah pasti diblokir.

4. Cek History di Direct Message


Cara lainnya untuk mengetahui apakah akun anda Instagram diblokir teman atau tidak adalah dengan memeriksa history atau riwayat obrolan melalui Direct Message (DM) dengan pengguna yang diduga memblokir Anda. 

Ada dua skenario yang mungkin terjadi dengan cara ini. Pertama, apabila obrolan di DM Instagram anda dengan pengguna tersebut menghilang, itu berarti anda telah di-block pengguna tersebut.

Kedua, riwayat obrolan di DM masih tersedia. Namun, saat anda mengklik profil pengguna tersebut, tidak ada unggahan yang ditampilkan atau tertulis keterangan "akun ini bersifat privat", maka itu artinya, akun anda juga telah diblokir.

5. Follow Ulang Akun Pengguna Yang Diduga Memblokir Anda


Selanjutnya, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti (follow) ulang akun pengguna yang diduga memblokir anda. 

Apabila saat anda membuka profil pengguna tersebut, profilnya masih bisa muncul, coba follow ulang. Apabila akun Anda diblokir, anda tidak akan bisa mem-follow akun tersebut sama sekali.

6. Gunakan Akun Lain


Langkah terakhir untuk mengetahui akun anda diblokir teman atau tidak adalah dengan memeriksa akun tersebut dengan akun lain. 

Jika anda memiliki akun Instagram lain, anda cari akun orang yang telah memblokir Anda menggunakan akun tersebut atau anda juga bisa meminta bantuan teman sesama pengguna Instagram untuk mencari profil orang yang dimaksud. 

Apabila profil tersebut muncul saat dicari menggunakan akun kedua anda atau akun milik teman Anda, itu artinya akun anda telah di-block.

(red)
×
Berita Terbaru Update