Notification

×

Iklan

Iklan

Efektif, Ini Cara Belajar Bahasa Inggris di YouTube Bagi Pemula

Minggu, 30 Mei 2021 | 20:27 WIB Last Updated 2021-05-30T13:27:26Z
Belajar Bahasa Inggris di Youtube
Belajar bahasa Inggris di YouTube.

Belajar bahasa Inggris di YouTube bisa menjadi salah satu cara alternatif bagi anda untuk lebih mahir berbahasa Inggris.

YouTube merupakan situs web milik Google yang berisi video-video berbahasa Inggris untuk ditonton, seperti film, lagu, komik berbahasa Inggris maupun Channel pendidikan untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Jadi, sambil belajar bahasa Inggris, anda juga bisa sekalian menikmati hiburan yang anda tonton.

Selama ini, banyak yang cenderung susah belajar bahasa Inggris karena metode lama yang terkadang membosankan dan enggak pas, maka YouTube bisa menjadi media alternatif belajar bahasa Inggris yang tepat.

Anda pasti masih ingat kisah rapper internasional asal Indonesia yang kini tinggal di AS, Rich Brian. Ternyata, Brian belajar bahasa Inggris dari YouTube hingga bisa lancar seperti sekarang dan bisa berbicara seperti native speaker (penutur asli)

Englishqu akan berbagi cara belajar bahasa Inggris di Youtube untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. 

Tonton Channel YouTube Pendidikan


Anda bisa menemukan banyak Channel pendidikan di Youtube, khususnya yang membahas tentang cara belajar bahasa Inggris.

Apa yang bisa dipelajari? Banyak. Anda bisa belajar grammar (tata bahasa), pronunciation (pelafalan), accent (logat), writing (menulis), atau sekedar belajar percakapan sehari-hari dan lainnya. 

Menonton Film


Menonton film di Youtube dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda, terutama kemampuan Listening, Speaking dan Vocabulary.

Dengan terus mendengarkan percakapan bahasa Inggris di film, semakin lama anda akan mulai terbiasa dan memahami apa yang dikatakan.

Saat belajar bahasa Inggris melalui film, bagi anda pemula bisa mengaktifkan subtitle bahasa Inggris dari film itu. Apabila anda menemukan kata atau kalimat yang tidak dimengerti maka bisa langsung dicari arti (bahasa Indonesia) dan definisinya.

Untuk melatih kemampuan speaking anda, anda bisa mengulangi apa yang dikatakan pemeran dalam film itu. Tapi ingat, bahasa Inggris memiliki dua aksen populer, yakni aksen British atau Inggris dan aksen Amerika. Fokuslah belajar pada salah satu aksen terlebih dahulu.

Kami menyarankan bagi anda pemula untuk menonton film kisah anak muda, motivasi atau percintaan, yang kosa katanya lebih mudah dipahami ketimbang film-film genre politik atau action.

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris


Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris juga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Sama halnya belajar bahasa Inggris dengan menonton film, mendengarkan lagu di YouTube juga berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan Listening, Speaking dan Vocabulary anda.

Bagaimana caranya? Anda bisa mulai memilih lagu bahasa Inggris kesukaan anda, lalu mengaktifkan subtitile untuk lirik lagu itu mencari arti dan definisi dari kata yang tidak anda mengerti.

Anda bisa sambil bernyanyi untuk melatih pelafalan kata di lagu itu. Setelah beberapa kali, anda bisa mematikan subtitlenya dan kembali dengarkan lagu itu untuk melatih kemampuan listening anda.

Menonton Berita dan Video Dokumenter


Belajar Bahasa Inggris di Youtube juga bisa dilakukan dengan menonton berita berita atau video dokumenter berbahasa Inggris. 

Meskipun kosa kata bahasa Inggris dalam berita maupun video dokumenter lebih formal, namun selain belajar bahasa Inggris, anda juga sekaligus mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda.

Namun, saat melakukan 4 cara di atas, anda perlu menyiapkan buku catatan atau lembaran Ms. World untuk mencatat kosa kata baru yang dipelajari.

Belajar bahasa Inggris adalah sebuah proses, maka pastinya dengan belajar sekali tidak langsung mahir. Untuk efektif Belajar Bahasa Inggris di YouTube, anda perlu memainkan video beberapa kali hingga mendapatkan manfaat dari kegiatan belajar tersebut.

Kosa kata juga menjadi hal yang sangat penting. Semakin banyak kosa kata yang dikuasai, maka semakin mudah bagi anda untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Maka, anda perlu menguasai sekurang-kurangnya 5-10 kosa kata per hari.

Dan yang terakhir adalah pelafalan. Belajar bahasa Inggris adalah mengenai repetisi atau pengulangan pembelajaran. Ulangilah setiap pelafalan dari kegiatan belajar anda di YouTube agar saat anda berkomunikasi dalam bahasa Inggris, pelafalan anda sudah benar.

Itulah 4 Cara Belajar Bahasa Inggris di Youtube secara efektif bagi pemula. kesimpulannya, di tengah pesatnya perkembangan Teknologi dan Informasi, maka YouTube dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris.


Oleh:

EnglishQu
Penyedia layanan Jasa Translate dan Public Speaking.
×
Berita Terbaru Update