Notification

×

Iklan

Iklan

Perbedaan Kata Learn dan Study dan Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sabtu, 11 Juni 2022 | 21:53 WIB Last Updated 2022-06-11T14:53:06Z
perbedaan kata learn dan study
Ilustrasi Perbedaan Learn dan Study dalam bahasa Inggris. Foto: Pexels/Bininta

BININTA.COM - Learn dan Study adalah dua kata yang kadang bikin bingung untuk menggunakannnya dalam sebuah kalimat.

Hal ini karena kedua kata ini jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama, yakni belajar atau mempelajari.

Namun sebetulnya kedua kata kerja (verb) tersebut berbeda maknanya dalam bahasa Inggris, sehingga penggunaannya berbeda pula saat akan membentuk kalimat.

Nah, untuk membedakannya, terlebih dahulu kita perlu melihat pengertian dari masing-masing kata serta konteks penggunaannya dalam sebuah kalimat

Study


Study adalah kegiatan belajar atau mempelajari secara spesifik pada suatu hal. Sebagai contoh, mempelajari Sejarah, menghafal rumus Matematika, belajar dengan video dari Youtube, membaca dari sumber buku dan majalah dan kegiatan belajar lainnya.
"Study hanya bersifat mempelajari saja dan tidak berarti seseorang telah menguasai, memiliki kemampuan dan pengetahuan serta mahir dalam melakukan hal yang ia pelajari." 
--------------------------------

Mari lihat contoh kalimat berikut ini:

Maria is studying British History (Elizabeth sedang mempelajari Sejarah Bangsa Inggris)

Dalam kalimat tersebut, Maria sedang mempelajari sejarah bangsa Inggris, baik dengan membaca buku sejarah, menonton video dokumenter, melihat sejarah tersebut di internet dan sumber lainnya.

Kegiatan Maria tersebut disebut Study dan bukan Learn. Artinya, maria hanya tahu saja Sejarah (nama tahun, nama kota, nama tokoh dll) yang dia baca, tapi dia belum mahir dalam menggunakan apa yang dia pelajari.


Misalnya, dengan menganalisis, membandingkan dan menyampaikan pandangannya dari pengetahuan yang dia dapat. Barulah dapat dikatakan bahwa 

Tapi melakukan aktivitas belajar itu, bukan berarti dia sudah mahir menggunakan apa yang dipelajari. Ketika dia sudah mahir dalam kosa kata, membuat kalimat sendiri, barulah dapat dikatakan dia melakukan aktivitas dari Learn.

Pengggunaan kata Study dalam Kalimat


Oxford Learner’s Dictionary menyatakan bahwa penggunaan kata Study merujuk pada beberapa konteks atau situasi, seperti belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi sesuatu (ujian), merujuk pada tempat belajar (sekolah atau kuliah), belajar di bawah bimbingan seseorang, belajar untuk menjadi sesuatu atau mengejar cita-cita.

Agar lebih jelas terkait konteks penggunaannya ini, mari kita lihat contoh kalimat menggunakan kata Study berikut ini:

  • Greg is studying for the exam (Daniel sedang belajar untuk menghadapi ujian).
  • John and Jessica studied at Harvard University (John dan Jessica dulu studi di Universitas Harvard)
  • William studied under Prof. Casper in University of Oxford (William dulu belajar di bawah bimbingan Prof. Casper di Universitas Oxford)
  • Jason is studying to be a civil servant (Jack sedang belajar untuk menjadi pegawai negeri/ASN)

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris

Learn


Learn adalah aktivitas belajar untuk mendapatkan suatu kemampuan, pemahaman atau pengetahuan dari apa yang dipelajari. Artinya, seseorang mahir dalam mempraktekkan hasil study yang didapatkannya itu.

"Ketika seseorang sudah melakukan aktivitas study, dan banyak mengetahui tentang sesuatu dan pengetahuan dari aktivitas itu serta memiliki keterampilan atas sesuatu yang dipelajari maka disebut sebagai aktivitas dari Learn."

---------------------------------------------------- 



Catatan Penggunaan kata Learn

Penggunaan kata learn dapat merujuk pada suatu kemampuan dan pemahaman seseorang hasil atau mendapatkan sesuatu dari aktivitas study, pelajaran dan pemahaman dari orang lain, serta belajar dari aktivitas tertentu.

Simak contoh kalimat berikut ini:

Jane learned  in United Kingdom (Dia belajar bahasa Inggris di Amerika Serikat)

I learned a lot from my mistakes (Saya banyak belajar dari kesalahan)

Daniel is so excited to learn about Indonesia culture (Daniel sangat bersemangat untuk mempelajari budaya Indonesia)

You can learn English vocabulary by watching videos in Youtube (Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan menonton video di youtube)

Baca Juga: Salam Lintas Agama dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Kata Learn dan Study


Berdasarkan pengertian, konteks penggunaan dan contoh kalimat di atas, maka kita dapat mengetahui bagaimana perbedaan kata Learn dan Study.

Intinya study adalah aktivitas belajar untuk menghadapi sesuatu (ujian), merujuk pada tempat belajar (sekolah atau kuliah), belajar di bawah bimbingan seseorang, belajar untuk menjadi sesuatu atau mengejar cita-cita.

Sedangkan Learn adalah aktivitas belajar dengan mendalami, mendapatkan pemahaman, pengetahuan dari apa yang dipelajari atau dapat dikatakan Learn adalah menjadi mahir dalam mempraktekkan hasil study yang dilakukan.

Demikian pembahasan tentan Learn dan Study. Silahkan baca kembali pengertian learn dan study, konteks penggunaan dan perbedaannya lalu buat kalimat dengan mengunakan dua kata tersebut.

(red)
×
Berita Terbaru Update