Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus Bagi Mahasiswa, Akademisi dan Peneliti

Senin, 09 Oktober 2023 | 12:31 WIB Last Updated 2023-10-09T05:31:05Z
cara mengetahui jurnal terindeks scopus
Ilustrasi cara mengetahui jurnal terindeks Scopus (Pexels)

BININTA.COM - Bagi Anda yang sedang mencari cara mengetahui jurnal terindeks Scopus, jangan khawatir. Anda bisa mengecek secara langsung ranking jurnal yang Anda cari atau miliki.

Mengetahui apakah jurnal yang Anda gunakan terindeks Scopus sangat penting jika Anda sedang menyusun artikel jurnal ilmiah atau karya ilmiah lainnya.

Isi artikel jurnal tersebut dapat Anda ambil sebagai referensi penelitian. Apalagi jika jurnal tersebut rangkingnya di posisi teratas.


Jurnal Q1 atau Q2 misalnya, merupakan jurnal yang pastinya memiliki kualitas yang baik. Kualitas tersebut dapat Anda lihat dari segi metode yang digunakan peneliti, struktur bahasa dan penulisan, hingga hasil yang disajikan, analisis data dan kesimpulan penelitian.

Oleh karena itu, untuk sukses penelitian ilmiah Anda, penting untuk mengetahui cara mengetahui jurnal terindeks Scopus.

Cara mengetahui Jurnal Terindeks Scopus


Jurnal terindeks Scopus Q1, Q2, Q3 hingga Q4 dapat Anda ketahui melalui laman Scimago dan Scopus. 

Cek Jurnal Terindeks Scopus di Situs Scimago


Cara pertama adalah mengecek jurnal di Scimago. Kemudian temukan ranking jurnal. Berikut ini langkah-langkah pengecekannya:

1. Kunjugi laman web Scimago di www.scimagojr.com.

2. Pada kolom pencarian yang tersedia, masukkan nama jurnal. Dari sini, Anda akan diarahkan ke semua  hasil pencarian dengan nama yang Anda masukkan tersebut.


3. Lihat ranking jurnal pada bagian terakhir dari grafik data publikasi dan sitasi jurnal tersebut (Lihat gambar di atas)

Catatan:
  • Apabila jurnal yang Anda cari tidak muncul di hasil pencarian artinya ada kemungkinan jurnal tersebut tidak terindeks Scopus.
  • Kemungkinan lain adalah nama jurnal yang Anda masukkan salah. Jika demikian, masukkan kembali nama jurnal yang benar dan ikuti langkah-langkah di atas.

Cek Jurnal Terindeks Scopus di Situs Scopus


Apabila Anda ingin memastikan jika jurnal yang Anda cek adalah betul-betul terindeks Scopus, Anda dapat mengungunji laman Scopus.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengecekan jurnal di laman Scopus:

  1. Masuk ke laman resmi Scopus dari Elsevier di https://www.scopus.com/sources.uri. 
  2. Pilih Title pada pilihan yang muncul dan ketik nama jurnal. Tahan sebentar maka pop up nama jurnal akan muncul. Klik nama jurnal tersebut.
  3. Lihat laman menampilkan informasi jurnal. Beberapa informasi, diantaranya Citescore, Percentile, dan jumlah sitasi dalam beberapa tahun. Jurnal dengan highest percentile di atas 75 percent maka dapat dikategorikan sebagai jurnal dengan ranking Q1.

Demikian cara mengetahui jurnal terindeks Scopus. EnglishQu memiliki Jasa Pencarian Jurnal Internasional yang bisa mencarikan jurnal terindeks Scopus kepada para customer-nya.

Anda bisa memesan layanan EnglishQu untuk mendapatkan jurnal terindeks Scopus untuk kebutuhan penelitian.

Demikian informasi tentang cara mengetahui jurnal terindeks Scopus. Bagi Anda mahasiswa, akademisi dan peneliti dapat mencoba cara di atas untuk mengetahui jurnal yang dimiliki terindeks Scopus.

(Ads/EQ)
×
Berita Terbaru Update