Notification

×

Iklan

Iklan

Kuliah di Inggris dengan Beasiswa Chevening, Buka Pendaftaran Awal September 2020

Minggu, 30 Agustus 2020 | 23:52 WIB Last Updated 2021-02-25T07:04:44Z
Beasiswa Chevening.

BININTA.com - Pemerintah Inggris kembali membuka pendaftaran Beasiswa Chevening untuk studi lanjut (Magister) di Inggris untuk periode studi 2021/2022. 

Melalui laman resmi Chevening, diumumkan pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 3 September 2020.

Beasiswa Chevening atau Chevening Awards adalah program beasiswa internasional yang disponsori pemerintah Inggris melalui Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi mitra. 

Beasiswa Chevening adalah beasiswa untuk kuliah di luar negeri selain program beasiswa lainnya, seperti Beasiswa Fulbright dari AMINEF atau Beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia 

Program Beasiswa Chevening ini menawarkan kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang Magister (S2) di beberapa universitas di Inggris selama satu tahun. 

Sejak diluncurkan tahun 1983, sudah lebih dari 50.000 orang yang telah belajar di Inggris melalui beasiswa ini. 

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka seluruh pembiayaan studi Magister (S2) anda di Inggris akan ditanggung oleh pihak Chevening, termasuk biaya kuliah, biaya bulanan, tiket pesawat PP, biaya mengurus visa dan pembiayaan lainnya. 

Program Studi Apa yang Diterima dan Universitas Mana Saja?


Pelamar beasiswa Chevening asal Indonesia dapat memilih bidang studi dan universitas untuk studi Magister di Inggris sesuai dengan Daftar Program Studi yang diperbolehkan Chevening. 

Namun, khusus untuk Master of Business Administration (MBA), pelamar harus menanggung biaya tambahan lebih dari £ 18.000. 

Persyaratan


1. Warga negara Indonesia
2. Kembali ke Indonesia setelah program beasiswa berakhir atau sudah menyelesaikan studi.
3. Memiliki gelar Sarjana (S1) dengan predikat upper second class 2:1 honors atau setara dengan IPK 3,33 - 3,37.  
4. Memiliki pengalaman kerja sekurang-kurangnya dua tahun. 
5. Belum pernah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Inggris. 
6. Mendaftar 3 jurusan yang berbeda yang memenuhi syarat dan pelamar telah menerima Uncondtional Offer dari salah satu universitas yang dipilih. 

Selain persyaratan di atas, secara umum untuk diterima di Universitas di Inggris harus memiliki hasil test IELTS dengan skor minimal 6,5. 

Cara Mendaftar


1. Membuat akun dan login di laman Chevening
2. Isi data yang diminta.
3. Login kembali dengan akun dan email yang didaftarkan. 
4. Setelah formulir isian lengkap, unggah dokumen yang diminta sebelum 3 November 2020.  

Untuk diketahui, pelamar tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan isian formulir tersebut,  karena bisa log out dan login lagi untuk melengkapinya, selama tidak melewati batas waktu submit dokumen yang sudah ditetapkan.

Sekali menekan Submit, maka data sudah tidak dapat diubah lagi, sehingga pastikan seluruh bagian di formulir yang disyaratkan sudah terisi semua sebelum di Submit.  

Selain itu, pelamar akan diminta memasukkan dua nama pemberi referensi/rekomendasi. 

Nah, Chevening menyarankan pemberi rekomendais/referensi haruslah orang yang dikenal dan sebaliknya juga mengenal pelamar dengan baik, baik dalam kapasitas akademis maupun profesional dan bukan kerabat atau teman dekat.

Apabila lolos sampai tahap selanjutnya, maka pelamar akan diminta mengunggah dua surat referensi dari pemberi referensi pada 22 Februari 2021

Pada tahap selanjutnya, pemberi referensi akan dihubungi anda untuk proses verifikasi. 

Pelamar bisa saja diminta untuk membawa salinan cetak asli referensi saat tahap wawancara.

Timeline Pendaftaran


Pendaftaran Beasiswa Chevening dibuka pada 3 September 2020 dan ditutup pada 3 November 2020. 

Sedangkan bagi pendaftar yang terpilih, akan mengikuti tes wawancara pada 1 Maret - 30 April 2021 dan pada awal Juni adalah pengumuman akhir sebelum kuliah dimulai pada bulan September - Oktober 2021.  Silahkan lihat Timeline Pendaftaran selengkapnya DISINI.

Tertarik untuk kuliah di Inggris dengan Beasiswa Chevening? Kalau anda yakin, cobalah untuk daftarkan diri anda. (AR) 
×
Berita Terbaru Update