Notification

×

Iklan

Iklan

Kedubes Jerman Pulangkan Staf Diplomatik yang Kunjungi Markas FPI

Senin, 21 Desember 2020 | 14:08 WIB Last Updated 2020-12-21T07:10:53Z

Staf Diplomatik Jerman mengunjungi Markas FPI
Staf Diplomatik Kedubes Jerman mengunjungi Markas FPI. (Dok. FPI)

Nasional, BININTA.COM - Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman di Indonesia akan memulangkan staf diplomatiknya yang mengunjungi kediaman Front Pembela Islam (FPI).

Hal ini disampaikan oleh perwakilan Kedubes Jerman saat bertemu dengan perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Minggu (20/12/2020), yang membahas perihal kunjungan tersebut.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera untuk mempertanggung-jawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," demikian pernyataan resmi Kemlu, Senin (21/12/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman juga menyangkal kalau kunjungan tersebut adalah bagian dari dukungan Jerman terhadap FPI. 

Dalam klarifikasinya di Kemlu, perwakilan Kedubes Jerman juga menyatakan, kunjungan staf diplomatiknya itu juga tidak mencerminkan kebijakan pemerintah Jerman.

"Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman," tulis Kemlu.

Selain itu, Perwakilan Kedubes Jerman juga secara tegas menyampaikan dukungan dan komitmen pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia dalam melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian.

Perihal kejadian ini, pemerintah Indonesia meminta agar Kedubes Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik.

(ARM)
×
Berita Terbaru Update