Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Berdirinya Organisasi IKP, Serang Sentil Gerakan Pemuda Nusa Utara

Senin, 20 September 2021 | 02:19 WIB Last Updated 2021-09-19T19:19:34Z
Ronny Paulus Serang
Ronny Paulus Serang. (Foto: Istimewa)

SANGIHE, BININTA.COM - Salah satu tokoh pemuda Nusa Utara Ronny Paulus Serang menyatakan dukungan atas berdirinya Ikatan kekeluargaan Pemuda Nusa Utara (IKP Nusa Utara).  

"Sebelumnya saya telah sedikit berdiskusi dengan perwakilan IKP. Tujuannya sangat baik, dan saya lihat program organisasi ini ke depannya sangat menarik," kata Ronny, Minggu (18/9/2021).

Menurut Ronny, Nusa Utara memerlukan gerakan pemuda yang tidak hanya kritis, tapi tetap tidak melupakan akar budaya Nusa Utara yang saling menghormati.

"Kritis dan berani adalah nadi juang gerakan pemuda terutama di era demokrasi ini, namun hal itu harus dibarengi dengan kerendahan hati dan rasa saling menghormati, sebagaimana kultur Nusa Utara," ujar Ronny.

Dalam gerakan, kelompok-kelompok pemuda menurutnya dapat "saling memberi dan menerima masukan serta bekerja sama untuk membangun daerah."

Hal ini, lanjut dia, juga dapat memperkuat semangat demokrasi di Nusa Utara yang sedang 'menguat' akhir-akhir ini.

"Saya sangat mengapresiasi semangat pemuda dalam berdemokrasi di Nusa Utara. Ditambah lagi gencarnya kegiatan organisasi yang konstruktif, hasil karya seni, karya video dan lain-lain. Masing-masing tentunya punya motivasi untuk membangun daerah," tuturnya.

Ronny yang sering menjadi teman diskusi para mahasiswa dan pemuda asal Nusa Utara mengenai berbagai persoalan daerah mencontohkan, bagaimana dulu di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, para pendiri bangsa dapat mempertahankan tujuan bersama untuk memerdekakan Indonesia, meski di tengah perdebatan di antara mereka.

"Para pendiri bangsa Indonesia menjaga tujuan, golongan muda dan golongan tua bersatu untuk memerdekakan Indonesia, meskipun ada perbedaan pendapat. Hal ini patut kita contohi," jelas Bendahara KNPI Sangihe ini.

Dirinyapun berharap agar kedepannya IKP Nusa Utara dapat membangun kerja sama dengan semua pihak, sehingga ada hasil positif yang dapat bersama-sama diwujudkan.

"Harapan saya organisasi ini dapat bekerja sama dengan semua stakeholder di Nusa Utara, saling bertukar ide dan pandangan untuk memajukan daerah," pungkasnya.

IKP Nusa Utara adalah organisasi kepemudaan yang dideklarasikan pada 2 September 2021 oleh perwakilan Pemuda asal Sangihe, Sitaro, Talaud serta perwakilan diaspora pemuda Nusa Utara yang ada di Manado, Minahasa, Minahasa Utara, dan Bitung.

Organisasi inipun telah mendapatkan dukungan dari Ketua Umum Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro, dan Talaud (IKISST) Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si. (Red)
×
Berita Terbaru Update