Notification

×

Iklan

Iklan

Struktur Permalink Wordpress Terbaik Buat Website Menurut Pakar SEO

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:47 WIB Last Updated 2021-10-13T03:47:10Z
Struktur permalink Wordpress terbaik
Struktur Permalink Wordpress terbaik buat Website. (Ilustrasi: Pixabay).

TEKNO, BININTA.COM - Struktur permalink Wordpress terbaik buat website untuk memperkuat SEO website dan meningkatkan ranking website di mesin pencari.

Dengan struktur permalink yang jelas, maka dapat mengarahkan pengunjung website pada halaman tertentu pada website.

Permalink dapat dilihat secara fisik pada url sebuah halaman website yang muncul di mesin pencari. Misalnya, https://www.simetisweb.com/tutorial/mudah-ini-3-cara-membuat-channel-youtube/.

Artikel kali ini membahas 2 struktur permalink Wordpress terbaik buat website yang direkomendasikan perusahaan pakar SEO.

Permalink


Permalink adalah seluruh url yang dapat kita lihat dan gunakan yang menavigasi pengunjung pada halaman, postingan dan seluruh konten website.

Permalink adalah singkatan dari permanent link. Artinya, ini adalah link permanen yang tidak bisa sembarangan diubah sebab dampaknya sangat signigikan pada menurunnya ranking website di mesin pencari, seperti Google, Bing dan Yandex.

Mengapa Permalink penting bagi Website?

Dilansir dari RankMath, Permalink memiliki pengaruh yang signifikan memperkuat SEO sebuah website, sehingga berdampak pada rating website di mesin pencari.

Apalagi, jika permalink memasukkan keywords yang sedang dicara pengguna internet.

Selain itu, dengan adanya permalink, maka pengguna website lebih mudah untuk mengetahui konten dari sebuah halaman atau postingan.

Struktur Permalink Wordpress Terbaik Buat Website


Perusahaan pakar SEO, seperti Yoast SEO dan RankMath merekomendasikan struktur permalink yang simple dan jelas untuk digunakan di website, yaitu Post Name dan Category-postname.

Menggunakan Post Name


Struktur permalink yang paling sering direkomendasikan adalah yang akhiran url-nya adalah Post Name. Berikut ini pengaturan permalink di Wordpress:

/%Postname%/

Misalnya: https://www.simetrisweb.com/cara-setting-permalink-wordpress/.

Menggunakan Category


Anda juga dapat menggunakan permalink dengan awalan Category, yang muncul pada url sebelum sebelum Postname.

/%Category%//%Postname%/

Misalnya: https://www.simetrisweb.com/tutorial/cara-setting-permalink-wordpress/.

Dua struktur permalink di atas dipandang yang paling SEO friendly dan memudahkan pengguna website. 

Pengguna website juga dapat merasa nyamana dengan url yang pendek saat postingan dibagikan melalui media sosial dan aplikasi messenger.

Hindari Menggunakan Struktur Permalink Default Wordpress


Struktur Permalink Default WordPress adalah /?p=123, yang secara otomatis pengaturan permalink ini terpasang di website. 

Namun Permalink ini dianggap tidak ramah mesin pencari, sebab mesin pencari tidak dapat mengidentifikasi konten dari halaman atau postingan.

Sehingga permalink default Wordpress tidak disarankan untuk digunakan.

Kesimpulan


Anda dapat memilih salah satu dari 2 struktur Permalink Wordpress terbaik menurut pakar SEO di atas, sehingga website Anda yang kuat dari segi SEO, user-friendly serta mudah ditemukan di mesin pencari.

Selain menentukan permalink yang jelas dan simple, tentunya yang terpenting adalah bagaimana menggunakan keywords yang bernilai tinggi dan banyak dicari serta memaksimalkan kunjungan ke website Anda. 

(Red)
×
Berita Terbaru Update