Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mengecek Domain Authority Website

Minggu, 31 Oktober 2021 | 15:59 WIB Last Updated 2021-10-31T08:59:26Z
Cara Mengecek Domain Authority Website
Cara mengecek Domain Authority suatu website (Ilustrasi: Pixabay).

TEKNO, BININTA.COM - Cara mengecek Domain Authority dapat dilakukan dengan mudah dengan 2 cara, yakni mengecek langsung di Moz dan menggunakan Extension Ubersuggest.

Mengapa mengecek Domain Authority itu penting? Sebab angka Domain Authority atau DA menunjukkan ranking website Anda di mesin pencari

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui performa website secara menyeluruh, sehingga informasi ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Apa itu Domain Authority?


Domain Authority (DA) adalah skor suatu website, yang ditunjukkan dengan skala angka 1-100.

Peringkat DA ini dikembangkan Moz dengan tujuan untuk memperediksi bagaimana peluang ranking website di mesin pencari, misalnya Google.

Artinya, jika skor DA suatu website tinggi, maka peluang website tersebut berada di posisi teratas mesin pencari semakin besar.

Bagi pemilik website yang mendapatkan informasi Ranking Domain Authority website miliknya, dapat mengembangkan website, baik dengan fokus menambah jumlah backlink, menggunakan keywords bernilai tinggai atau dengan tools lainnya.

Ditambah lagi, pemilik website dapat melihat skor website kompetitor dan membandingkanya dengan website miliknya kemudian melakukan evaluasi konten yang perlu ditingkatkan kualitasnnya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Skor Domain Authority?


Terdapat 40 faktor yang mempengaruhi skor Domain Authority menurut Moz. Nah, diantara faktor-faktor tersebut, ada 5 faktor yang paling berpengaruh, yaitu:

  • Backlink. Backlink dari website populer atau dengan skor DA yang tinggi sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan DA website.
  • Konten Berkualitas. Search Engine Result Pages (SERP) sangat menekankan pada kualitas konten suatu website. Pemilik website perlu menekankan kualitas konten websitenya untuk meningkatkan skor Domain Authority. 
  • Search Engine Friendliness. Website harus User Friendly sehingga dapat mempermudah pengunjung. Selain itu, pemilik website perlu mengatur struktur website secara keseluruhan agar SEO friendly.
  • Social Signal. Interaksi website melalui media sosial, seperti jumlah like, share dan comment ikut menentukan skor DA.
  • Referring Domain.  Pemilik website perlu mendapatkan backlink tidak hanya dari 1 website saja, sehingga dapat meningkatkan skor DA.

Namun, DA sebenarnya bukan satu-satunya variabel penentu peringkat suatu website di Google sebab Google sendiri memiliki lebih dari 40 faktor yang menentukan ranking website.

Skor DA yang dari Moz maupun Ubersuggest sendiri sifatnya adalah prediksi dan Google tidak menggunakannya sebagai pengukuran ranking secara resmi.

Kendati demikian, skor DA tetaplah penting buat website, terutama sebagai metrik pembanding antara kualitas website milik Anda dan milik kompetitor.

Dalam hal ini, apabila skor DA website Anda lebih rendah, Anda dapat memanfaatkan hasil skor ini untuk mengevaluasi website Anda secara keseluruhan dan meningkatkannya agar berada pada posisi teratas mesin pencari.


Cara Mengecek Domain Authority


Mengecek Domain Authority dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni mengeceknya langsung di situs Moz atau memasang Extension Ubersuggest.

Mengecek Domain Authority di Moz.com


Untuk mengetahui Domain Authority suatu website dapat Anda lakukan dengan mengeceknya langsung Moz. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan Kunjungi situs Moz.com
  2. Ketik domain website Anda pada kolom yang tersedia (misalnya, tes.co).
  3. Klik Analyze Domain.
  4. Lihat skor DA.

Skor Domain Authority dakan langsung muncul, bersamaan dengan hasil analisis terhadap Linking Roots Domain, dan Ranking Keywords dan persentase konten website Anda yang dianggap sebagai Spam.

mengecek domain authority via Moz
Mengecek Domain Authority via Moz.

Selain itu, Anda dapat melihat pada hasil analisis tersebut, link halaman yang paling sering dibaca dan website yang mengaitkan domain Anda dengan website mereka.

Mengecek Domain Authority Melalui Ubersuggest


Cara kedua untuk mengecek Domain Authority adalah dengan menggunakan Ubersuggest, tool keywords populer yang dikembangkan oleh Neil Patel.

Anda dapat mengeceknya langsung di situs Ubersuggest dan membuat akun Anda atau dapat memasang Extension-nya di Google sehingga dapat mengecek skor DA setiap saat.

Bagaimana memasang Ubersuggest Extension di Google Chrome?

Mudah kok. Anda cukup mengklik fitur Setting Google Chrome > klik Extension > Open Chrome Web Store.

Cek Domain Authority di Ubersuggest
Ubersuggest Extension untuk mengecek Domain Authority Website.

Setelahnya Anda akan diarahkan ke daftar extension Chrome. Cari Ubersuggest (seperti gambar di atas) dan pilih Tambahkan.

Jika Extensionnya sudah aktif, Anda sudah bisa mengecek skor DA suatu website langsung di laman pencarian Google.com.

Tidak hanya skor DA yang bisa Anda lihat, melainkan juga keywords populer yang bernilai tinggi.

Langkah-langkah mengecek DA di Ubersuggest Extension.

  1. Buka Extension Ubersuggest di Google Chrome > klik details.
  2. Aktifkan (On) Ubersuggest
  3. Pada pilihan Site Access, klik On Click lalu pilih On All Sites.
  4. Buka laman pencarian Google Chrome > ketik domain Anda di kolom pencarian atau nama domain yang Anda ingin lihat skor DA-nya.

Google Chrome nantinya akan secara otomatis menampilkan skor Domain Authority website, estimasi kunjungan, serta jumlah website yang mengatikan domain website.

Selain itu, Anda dapat mengetahui jumlah share halaman atau postingan website di media sosial.

Dengan menggunakan tool ini, Ada tidak hanya dapat mengecek keywords bernilai tinggi, namun juga dapat mengecek domain authority suatu website.

Siap Mengecek Skor DA Website Anda?


Skor Domain Authority perlu Anda cek secara rutin agar Anda dapat mengetahui seberapa kuat website di mesin pencari dan dapat membandiungkannya dengan kompetitor.

Anda dapat melakukannya dengan mengecek Domain Authority langsung di website Moz atau memasang dan mengaktifkan Ubersuggest Extensions.

Setelah mengecek skor DA, maka Anda dapat melakukan evaluasi website secara keseluruhan, meningkatkan kualitas konten website Anda agar dapat muncul di posisi teratas mesin pencari.

(Red/Simetrisweb)
×
Berita Terbaru Update