Notification

×

Iklan

Iklan

Telkom University Bekali Pelaku UKM di Kota Bandung Lewat Pelatihan Presentasi Bisnis

Senin, 29 November 2021 | 16:48 WIB Last Updated 2021-11-29T09:57:45Z
Pelatihan Presentasi Bisnis
Kegiatan Pelatihan Presentasi Bisnis yang digelar Program Studi Digital Public Relation Telkom University (Foto: Prodi Public Relations Telkom University)

EDUKASI, BININTA.COM - Kemajuan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) tanah air menjadi perhatian Program Studi (Prodi) Digital Public Relations Telkom University.

Bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, dosen-dosen Prodi Digital Public Relations Telkom University mengelar pelatihan "Pengembangan Keterampilan Public Speaking dalam Presentasi Bisnis" secara onsite, bertempat di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung, mulai tanggal 18 hingga 24 November 2021.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Telkom University, Anisa Diniati, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pelaku usaha mikro dengan kemampuan berbicara dan presentasi bisnis yang menarik sehingga mampu menarik calon konsumen hingga investor secara tepat dan menjangkau target sasaran dengan baik.

"Dengan adanya pengetahuan, keterampilan berbicara dan presentasi bisnis yang mumpuni bagi para pelaku UKM, maka sangat memungkinkan produk yang sudah mereka olah dan hasilkan dapat lebih banyak diketahui oleh masyarakat luas hingga dapat menjangkau target konsumen mereka dengan tepat sasar," kata Anisa dalam Press Release yang diterima Bininta.com, Kamis (25/11/2021).

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro Rikrik Sukmanurrakhmi, S.H menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM di kota Bandung dalam menjalankan bisnisnya di bidang masing-masing.

"Salah satunya (pelatihan) melalui peningakatan kemampuan komunikasi terutama dalam presentasi bisnis," ungkap Rikrik.

Selama sesi pelatihan berlangsung, para peserta antusias mengikuti setiap materi yang diberikan dan aktif berinteraksi dengan para nara sumber.

Salah satu nara sumber, Dr. Sri Dewi Setiawati dalam pemaparannya menyentil hal penting yang perlu dimiliki pelaku UMKM, yakni kompetensi komunikasi.

Menurutnya, Kompetensi Komunikasi menjadi syarat keberhasilan dalam menjalankan bisnis buat para pelaku usaha.

"Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan mempermudah kita dalam mempresentasikan produk kita kepada konsumen," jelas Dewi.


Sementara nara sumber lainnya, Moch Armien Syifaa, M.I.Kom, membekali para peserta dengan tips kolaborasi dalam bisnis.

Dia menjelaskan, salah satu trik bagi pelaku UMKM untuk bisa berhasil menjalankan bisnisnya adalah melakukan kolaborasi dengan brand lainnya, sehingga terjadi sharing market atau berbagi pasar.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh pelaku usaha mikro binaan setiap kecamatan di kota Bandung. Selama acara berlangsung, produk-produk milik para peserta dipamerkan agar setiap pelaku UKM yang hadir bisa saling memperkenalkan produknya. (am)
×
Berita Terbaru Update