Notification

×

Iklan

Iklan

Kucing Tidak Boleh Minum Susu, Ternyata Ini Alasannya

Minggu, 24 April 2022 | 21:26 WIB Last Updated 2022-04-24T14:26:59Z
kucing tidak boleh minum susu
Ilustrasi kucing. (Pexels)

BININTA.COM - Kucing tidak boleh minum susu, hal ini barangkali pernah anda dengar. Iya, ternyata membiarkan kucing minum susu dapat menyebabkan hewan kesayangan Anda itu menderita sejumlah penyakit.

Anggapan bahwa susu baik dan sehat buat kucing hanyalah mitos belaka. Karena banyak kucing yang tidak toleran laktosa atau mengalami dehidrasi jika mengkonsumsi susu sapi.

Akibatnya, hewan yang banyak dipelihara orang itu bisa mengalami sakit perut, kram, dan diare parah.

Anak kucing bisa jadi tampak senang saat mendapatkan mangkuk susu. Namun, menkonsumsi susu tidak sepenuhnya baik untuk tubuhnya.

Kucing Tidak Boleh Minum Susu, Ini Akibatnya


Melansir The Spruce Pets via Kompas, Selasa (24/4/2022) anak kucing lebih senang minum susu karena menyenangkan baginya. 

Susu yang dikonsumsi bisa mengingatkan anak kucing kepada induknya. Akan tetapi, hal ini sebaiknya dihindari.

Jika Anda pernah mendapati ada kucing yang tidak bereaksi setelah minum susu, seperti diare atau muntah. Hal itu karena ia tidak minum susu skim, susu utuh, atau susu bebas laktosa. Itu pun dalam takaran yang kecil.

Sejumlah ahli menyarankan bahwa sebaiknya memberikan krim dibandingkan susu biasa. Krim memilik kandungan laktosa yang lebih sedikit ketimbang susu utuh atau susu skim.

Salah satu risiko dari membiarkan kucing minum susu adalah diare yang intens yang bisa saja disebabkan oleh dehidrasi. Terutama ini sering dialami anak kucing.

Jika demikian, maka Anda cukup memberi minum kucing dengan air bersih agar dapat menjaga kucing tidak terkena dehidrasi. Air bersih adalah apa yang benar-benar ia butuhkan,

Selain air, Anda juga bisa memberikan kucing Anda makanan-makanan basah. Karena kadar air pada makanan sering kali cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun, jika kucing tidak mendapatkan cukup air dan makan makanan kering, kucing Anda dapat minum dari air pancuran atau keran. Nah, air yang mengalir sering kali membuat mereka tertarik untuk meminumnya.

Apakah Ada Susu yang Cocok Buat Kucing?


Kendati secara umum disarankan kucing tidak boleh minum susu. Namun ada juga susu yang cocok buat kucing, yakni jenis susu bebas laktosa yang memang dibuat khusus untuk kucing.

Namun memberikannya secara rutin juga bisa berisiko, sebab meminum susu khusus ini tidak menjamin bahwa kucing Anda tidak akan mengalami reaksi seperti ketika meminum susu biasa.

Karena itu, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum Anda memberi susu bebas laktosa.

Susu tidak baik untuk kucing karena kandungan laktosa ini di mana kucing tidak toleran dengan susu yang banyak mengandung laktosa.

(Red)
×
Berita Terbaru Update