Notification

×

Iklan

Iklan

Gandeng MPR RI, AIPI Gelar Webinar Nasional Bahas Visi NKRI Melalui Pemilu dan Pilkada

Minggu, 30 Agustus 2020 | 13:25 WIB Last Updated 2020-08-30T06:25:24Z
Webinar Nasional AIPI. 

NASIONAL, BININTA.com - Menyoroti pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia pada bulan Desember mendatang, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) dan Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR) RI mengadakan Webinar Nasional dengan tema, "Visi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Melalui Pemilu dan Pilkada", Senin 31 Agustus 2020. 

Webinar ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi MPR RI agar visi misi Calon Kepala Daerah (Cakada) harus terintegrasi dengan visi misi NKRI. 

Sekjen AIPI Bernad Dermawan Sutrisno selaku Ketua Panitia pelaksana Webinar Nasional ini mengatakan jika rekomendasi MPR seharusnya dapat diimplementasikan secara substansi dan teknis oleh Penyelenggara Pemilu dan stakeholder terkait. 

“Rekomendasi MPR terkait integrasi visi dan misi Calon Kepala Daerah dengan Visi NKRI, harus dimplemetasikan ke tataran teknis setelah mendapat penguatan atau masukan dari publik dan berdasarkan kajian akademis," kata Bernad dilansir dari LintasUtara.  

Visi misi NKRI yang dimaksud sebagaimana pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam sambutannya pada Peringatan HUT MPR-RI ke-75.  

“Visi-misi NKRI yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, sebagai arah bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan satu kesatuan dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) di segala bidang kehidupan, yang berlandaskan pada riset dan inovasi nasional,” ujar Bamsoet dari Gedung Nusantara IV,  Kompleks Parlemen, Jakarta.  

Webinar tersebut turut didukung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). 

Acara tersebut akan dibuka oleh Ketua Umum AIPI Dr. Alfitra Salaam, APU sekaligus memberikan pengantar untuk disuksi, sedangkan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI akan menjadi keynote speaker

Sementara itu, beberapa nara sumber yang akan menjadi pemateri, diantaranya Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR), Tito Karnavian (Mendagri), Arif Budiman (Ketua KPU), Abhan (Ketua Bawaslu) dan Muhamad (Ketua DKPP). 

Berperan sebagai pembahas berasal dari penggiat Pemilu, yakni Jery Sumampow dan Khoirunnisa Nur.

Sedangkan yang menjadi moderator adalah Dr. Nur Hidayat Sardini S.Sos. M.Si (Ketua AIPI Semarang). 

Acara Webinar ini terbuka untuk umum dan publik dapat ikut serta melalui aplikasi Zoom. (AR)
×
Berita Terbaru Update