Notification

×

Iklan

Iklan

Usia 21 Tahun, Maya Nabila Jadi Mahasiswa S3 Termuda ITB

Senin, 25 Januari 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-01-25T11:28:57Z
Maya Nabila Mahasiswa S3 Termuda IT
Maya Nabila, Mahasiswa S3 termuda ITB. (Dok. Maya via ITB)

INSPIRASI, BININTA.COM - Menjadi mahasiswa dan merasakan bangku kuliah adalah impian kebanyakan orang. Apalagi berkesempatan menjadi mahasiswa sampai di jenjang S3. 

Maya Nabila memiliki kesempatan tersebut. Di usianya yang baru 21 tahun, Maya menjadi mahasiswa Strata-3 (S3) termuda di ITB untuk Tahun Akademik 2021/2022. 

Perempuan kelahiran Padang, 9 Mei 1999 itu mengambil program studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIP) ITB. 

Melansir dari laman ITB, Maya ternyata mulai bersekolah di usianya yang masih sangat muda. Dia memasuki bangku Sekolah Dasar (SD) pada usia lima tahun dan menamatkan Pendidikan Sekolah Menengah Atas dalam kurun waktu dua tahun, dengan mengambil program akselerasi.  

Sementara untuk gelar Strata-1 (S1) dia dapatkan kurang dari empat tahun. 

Maya mengakui, sejak dari anak-anak dia memang senang bersekolah. 

"Sejak dari dulu aku memang suka belajar hal baru dan alhamdulillah ada kesempatan lanjut S2/S3 dengan program PMDSU," kata Maya. 

Namun ada hal yang menarik dari perjalanannya, dorongan untuk terus melanjutkan studi juga datang dari orang tuanya yang ternyata adalah tamatan S3.   

"Mungkin juga ada faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah sampai S3," ujarnya. 

Maya sempat menghadapi kendala saat melanjutkan studi S2 di ITB karena harus menyesuaikan dengan pelajaran yang sebelumnya didapatkan saat mengambil studi sarjana pada Universitas Andalas.

Menjadi mahasiswa termuda S3 ITB pun membuat maya senang, namun menurutnya pencapaian ini belum apa-apa mengingat kontribusinya yang masih kurang bagi kampus maupun negara. 

"Perasaannya, yah senang sih ya, tetapi ini belum jadi apa-apa 'kan, baru menjadi mahasiswa termuda saat ini, aku belum punya kontribusi apapun untuk kampus ataupun negara," tambah Maya. 

Dengan melanjutkan studi di ITB, dia pun berharap bisa belajar lebih banyak dan menambah jaringan sehingga dapat mengenal dunia luar, dan lebih dekat dengan cita-citanya. 

"Aku punya cita-cita ingin jadi dosen. Aku ingin mengajar dan membagikan ilmu yang aku dapatkan selama kuliah di ITB ini," katanya. 

Untuk ke depan, Maya menargetkan selesai studi S3 dengan tepat waktu dan terjun ke dunia kerja. Dia berharap agar dimanapun nanti dia bekerja, bisa memberikan pengaruh yang positif di tempatnya bekerja.  

"Aku juga berharap di instansi manapun nanti aku berada, aku bisa memberi pengaruh positif di sana," pungkas perempuan yang punya mimpi untuk mendirikan sekolah ini. 

(Red)   
×
Berita Terbaru Update