Notification

×

Iklan

Iklan

Jumlah Pengguna Internet di Dunia Tahun 2020 Capai 4,66 Miliar

Sabtu, 06 Maret 2021 | 21:32 WIB Last Updated 2021-03-06T14:32:23Z
Pengguna internet di Dunia
Ilustrasi pengguna internet di dunia (Dok. Pixabay)

InfoData, BININTA.COM - Populasi dunia semakin meningkat setiap tahunnya. Biro referensi data demografis global yang berbasis di AS, Population Reference Bureau (PRB) melaporkan total populasi dunia di tahun 2020 sebanyak 7,8 miliar. Meningkatnya populasi ini diikuti pula dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia. 

Menurut data We are Social, dilansir pada Selasa (6/3/2021) menunjukkan jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2020 mencapai 4,66 miliar atau dengan penetrasi internet global sebesar 59,2 persen.

Pengguna internet yang mengakses internet melalui telepon seluler tercatat sebanyak 5,22 miliar atau setara dengan 66,6 persen dari total populasi.

Rata-rata Lama Waktu Penggunaan Internet Setiap Hari Secara Global


We are Social juga melaporkan rata-rata lama waktu yang dihabiskan dalam menggunakan internet melalui berbagai perangkat atau media elektornik di kalangan umur 16-64 tahun secara global. 

Secara umum, rata-rata lama waktu penggunaan internet melalui berbagai perangkat di kalangan umur 16-64 tahun adalah 6 jam 54 menit atau setara dengan 48 jam atau dua hari dalam seminggu. 

Sedangkan secara spesifik, untuk menonton siaran TV dan streaming 3 jam 24 menit, dan rata-rata lama waktu yang dihabiskan untuk mengakses media sosial setiap hari adalah 2 jam 25 menit. 

Selanjutnya rata-rata waktu yang dihabiskan untuk membaca berita online dan cetak adalah 2 jam 2 menit, mendengarkan layanan musik secara streaming 1 jam 31 menit, mendengarkan siaran radio 1 jam, podcast 54 menit, dan bermain video game online 1 jam 12 menit. 

Dibandingkan dengan Triwulan-III tahun 2019, jumlah pengguna internet dilaporkan lebih lebih lama menghabiskan waktu untuk online (lebih lama 16 menit) pada Triwulan-III tahun 2020.

Rata-rata Lama Waktu Penggunaan Internet Setiap Hari Berdasarkan Negara 


Dari temuan We are Social, penduduk di Filipina menghabiskan waktu paling lama menggunakan internet setiap harinya. Penduduk Filipina yang berumur 16-64 tahun menghabiskan waktu rata-rata 10 jam 56 menit untuk online

Lama Waktu Penggunaan Internet Berdasarkan Negara
Lama Waktu Penggunaan Internet Menurut Negara. (Sumber: wearesocial.com)

Kemudian penduduk Brazil, Kolombia, dan Afrika Selatan menghabiskan waktu  rata-rata di atas 10 jam per-hari. 

Sedangkan penduduk Argentina, Malaysia, dan Meksiko menghabiskan waktu rata-rata di atas 9 jam untuk online

Sementara di urutan kedelapan adalah Indonesia. Rata-rata waktu yang dihabiskan penduduk Indonesia setiap hari untuk online adalah 8 jam 52 menit. 

Bagaimana dengan China? China memiliki populasi terbanyak di dunia, yakni 1.4 miliar. Namun pengguna internet di China lebih sedikit menghabiskan waktunya online ketimbang negara dengan populasi terbanyak lainnya, seperti AS dan India. 

Penduduk China menghabiskan waktu untuk online rata-rata 5 jam 22 menit per hari. Sedangkan untuk penduduk AS menghabiskan waktu rata-rata 7 jam, dan penduduk India di atas 6 jam per hari. 

Sementara negara penduduknya paling sedikit menghabiskan waktunya mengakses internet adalah Jepang. Rata-rata waktu yang dihabiskan penduduk Jepang untuk online adalah 4 jam 25 menit. 

Alasan Menggunakan Internet


Mendapatkan informasi adalah alasan utama orang-orang menggunakan internet. Sebanyak 63 persen pengguna internet secara global menyatakan menggunakan internet untk mendapatkan informasi.

Berikut ini secara lengkap alasan menggunakan internet menurut temuan We are Social:

  • Mendapatkan informasi (63 persen)
  • Menghubungi teman dan keluarga (56,3 persen)
  • Update berita dan peristiwa terbaru (55,6 persen)
  • Riset tentang Cara melakukan sesuatu (51,9 persen)
  • Menonton TV, Video dan Film (51,7 persen)
  • Mencari ide dan inspirasi baru (47,6 persen)
  • Mencari produk dan merek (46,4 persen)
  • Mengakses atau mendengarkan musik online (46,3 persen)
  • Mengisi waktu luang dan sekedar browsing (44,4 persen)
  • Aktifitas yang berhubungan dengan studi atau pendidikan (42,6 persen)
  • Riset tempat dan perjalanan wisata serta informasi liburan (38,7 persen)
  • Riset kesehatan dan produk kesehatan (36,3 persen)
  • Mengelola keuangan (35,2 persen)
  • Bermain Game (32,2 persen)
  • Riset seputar bisnis (30,7 persen)
  • Bertemu orang baru (29,9 persen). 

Pengguna Internet Menurut Perangkat yang Digunakan


Pengguna internet menurut perangkat diukur berdasarkan traffic penggunaan internet melalui web browser (Google, dll) dan bukan melalui aplikasi bawaan di telepon genggam. 

Berdasarkan traffic di web browser yang digunakan, pengguna internet secara global paling sering mengakses internet melalui telepon seluler atau 55,7 persen dari total seluruh pengguna. Sedangkan 41,4 persen pengguna internet mengakses internet melalui laptop dan desktop. 

Sedangkan 2,8 persen menggunakan internet melalui tablet, dan 0,07 melalui perangkat lainnya. 

Namun, We are Social juga mengakui bahwa angka sebenarnya Pengguna Internet di Dunia tahun 2020 mungkin lebih tinggi dibandingkan yang dilaporkan sebab secara signifikan dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. (Red)
×
Berita Terbaru Update