Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Membuat Website Berita di Wordpress

Selasa, 16 November 2021 | 18:18 WIB Last Updated 2021-11-16T14:50:37Z
cara membuat website berita
Cara membuat website berita menggunakan Wordpress. (Foto: Pixabay)

TEKNO, BININTA.COM - Bagi Anda yang punya rencana membuat website portal berita online, Bininta kali ini berbagi tips mengenai cara membuat website berita dengan menggunakan Wordpress.

Website berita adalah website khusus untuk posting artikel berita atau artikel blog. Karena website jenis ini berisi banyak artikel dari category yang berbeda, maka cara setting-nya pun berbeda dengan website organisasi maupun website bisnis.

Artinya, website berita lebih mengutamakan category dan sub-category serta tag serta optimasi pada setiap artikel berita ketimbang pada page (halaman).

Category, sub-category dan tag inilah kemudian dijadikan rubrik berita, seperti Daerah, Nasional, Global, Pendidikan, Tekno, Pariwisata, Opini dan rubrik lainnya.

Sedangkan website organisasi memuat profil organisasi, program, maupun daftar pengurus, dan mengoptimalkan blog sebagai artikel berita dengan sedikit category dan tag.

Oleh sebab itu, website berita harus memiliki tema khusus berita, yang memuat banyak daftar artikel berdasarkan category. Nah, bagaimana cara membuat website berita? Simak beberapa tips dari kami.

Cara Membuat Website Berita di Wordpress


Cara membuat website berita mudah Anda ikuti, mulai dari memilih hosting dan domain, memilih tema hingga setting artikel berdasarkan rubrik category.

1. Pesan Hosting, Domain dan SSL


Hal yang paling pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat website portal berita adalah memesan hosting, domain dan SSL.

Anda dapat memesan hosting dan domain pada beberapa penyedia hosting terkenal di Indonesia, seperti Niagahoster, Domainesia, Dewab dan lainnya.

Atau Anda dapat mencoba memesannya dari penyedia hosting di luar negeri, seperti Go Daddy dan Bluehost.

Pastikan webhosting yang Anda pilih memiliki kapasitas hosting yang besar sehingga website Anda dapat menampung banyak artikel dan loadingnya lebih cepat.

Kemudian pastikan nama domain yang Anda pilih, sebab domain tersebutlah yang akan menjadi alamat website Anda. Disarankan Anda memilih Top Level Domain (TLD), misalnya .com atau .co. Disini, Anda juga harus menentukan apakah website Anda akan berawalan www (https://www.test.com) atau non-www (https://test.com).

Secure Socket Layer (SSL) sangat penting buat website Anda, terutama untuk melindungi data website dengan enkripsi. Pastikan Anda memesan SSL premium atau berbayar agar website Anda diakses dari device manapun dapat menampilkan https.

Atau jika Anda ingin memiliki SSL gratis, Anda dapat mengatur settingan website dan menambahkan SSL gratis Cloudflare. Untuk setting SSL, anda perlu konsultasi dahulu dengan penyedia hosting.

Setelah Anda memesan Hosting, Domain dan SSL, lalu pilih, install dan aktifkan CMS Wordpress, melalui Cpanel.

2. Install dan Aktifkan Tema Khusus Berita


Langkah selanjutnya dari cara membuat website berita adalah memilih tema WordPress khusus portal berita.

Pastikan Anda telah membeli tema premium untuk Wordpress, sebab tema premium dapat memberi Anda banyak pilihan fitur, seperti widget dan modul tema untuk menampilkan artikel postingan seperti website berita populer.

Selain itu, jika tema berita gratis akan muncul nama pembuat tema di bawahnya yang tidak bisa Anda hilangkan, sehingga disarankan membeli tema premium agar Anda dapat menempatkan nama website Anda di kolom copyright.

Tidak hanya menarik, tema khusus website berita yang Anda pilih harus ringan dan responsive atau mobile friendly, sehingga loadingnya lebih baik dan tampilan website terlihat baik ketika diakses dari device manapun.

Jika tema yang Anda gunakan mensyaratkan Anda menginstal plugin, silahkan Anda melakukannya.

Setting Website


Setelah menginstall dan mengaktifkan tema, selanjutnya Anda melengkapi fitur-fitur yang ada di dalam website, seperti permalink, logo, menu, warna, font, category dan fitur lainnya.

Settting Permalink


Permanent link atau disingkat Permalink adalah link permanen yang berisi url suatu website. Anda perlu melakukan setting pada permalink sebelum membuat postingan artikel berita.

Sebab link ini adalah permanen dan akan berdampak negatif pada SEO website Anda jika Anda mengubahnya saat artikel yang Anda buat sudah banyak.

Struktur Permalink terbaik untuk Wordpress biasanya terdiri dari postname atau category/postname. Untuk website berita biasanya mengandung unsur waktu postingan, misalnya https://tests.com/2021/11/16/....postaname. Namun ada beberapa media ternama yang menggunakan permalink category/post_id.

Semuanya tergantung pada pilihan Anda. Yang terpenting adalah Anda perlu membuat banyak postingan yang ramah SEO sehingga mudah ditemukan di mesin pencari.

Pasang Logo


Setiap header pada tema Wordpress header menyediakan temapt buat Anda untuk menempatkan logo. Silahkan upload gambar logo yang disesuaikan dengan contoh pada tema Anda, agar supaya tampilannya responsive.

Pilih Warna dan Font


Warna website dapat menunjukkan karakteristik website tersebut. Anda perlu memilih warna yang tentunya sesuai dengan warna logo.

Selanjutnya adalah memilih font yang biasanya tersedia banyak pilihan font pada tema Wordpress untuk Heading maupun Body, atau anda bisa mengaturnya secara default.

Setting Homepage.


Setting homepage tergantung pada tema yang Anda aktifkan. Anda perlu mempelajari demo website dari tema tersebut untuk menentukan apakah Anda perlu membuat Homepage atau setting latest post.

Ada Beberapa tema khusus website berita menyediakan halaman homepage yang bisa di import dari demo template dan edit sesuai category postingan dan widget.

Membuat Category


Website portal berita berisi daftar postingan sesuai dengan category. Nah, Category ini dijadikan rubrik berita, seperti News, Nasional, Daerah, Pendidikan, Tekno, dan lain-lain.

Untuk membuat Category disesuaikan dengan target pemberitaan Anda.

Mengatur Menu


Menu pada suatu website umumnya terdiri dari Top Menu, Menu Utama (Header) dan Footer Menu.

Menu utama yang lokasinya di area Header biasanya digunakan untuk menampilkan category (beberapa rubrik berita), sedangkan top menu dan footer menu menampilkan halaman, seperti Redaksi, Kontak, Pedoman Media Cyber, Disclaimer dan page yang anda inginkan ditempatkan pada bagian tersebut).

Baca Juga: 

Menggunakan Plugin SEO (Opsional)


Plugin SEO memiliki kegunaan dalam mengoptimasi SEO On Page website Anda, terutama persaingan ranking website di mesin pencari.

Apabila tema yang Anda gunakan memiliki struktur schema yang baik dan ramah SEO dan Anda mengetahui teknik SEO, Anda tidak wajib menginstall dan mengaktfikan plugin SEO.

Namun jika Anda ingin mengggunakannya, disarankan memilih salah satu dari dua plugin SEO terbaik, yakni Yoast SEO plugin dan Rankmath.

Hubungkan Website dengan Media Sosial dan Youtube

Langkah berikutnya dari cara membuat website berita adalah menghubungkan website dengan akun media sosial melalui pilihan widget yang tersedia.

Menghubungkan website dengan sosial media dapat memebuat website lebih maksimal. Artinya, dapat meningkatkan jumlah klik ke media sosial Anda dan memperkuat SEO Off page.

Posting Artikel Berita


Setelah anda selesai melakukan setting pada fitur-fitur di atas, maka Anda tinggal membuat artikel berita berdasarkan category (rubrik berita).

Artikel-artikel tersebut kemudian akan secara otomatis akan ditampilkan di website, baik di laman homepage, category dan tag arhieve, dan single post.

Sudah Paham Cara Membuat Website Berita?


Cara membuat website berita tidak sesulit yang banyak orang pikirkan. Anda bisa membuatnya meskipun tanpa kemampuan sebagai seorang programmer.

Anda bisa melakukannya dengan mulai dari memesan hosting, domain dan SSL, membeli tema premium untuk website portal berita posting artikel berita.

Namun jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa memesan layanan Jasa Pembuatan Website dari Simetrisweb. Dengan biaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan website portal berita profesional, responsive, loading cepat dan gratis maintanance. (red)
×
Berita Terbaru Update