Notification

×

Iklan

Iklan

Olly Dondokambey Bicara Tentang Pancasila di Puncak Hardiknas Pemprov Sulut

Rabu, 18 Mei 2022 | 22:55 WIB Last Updated 2022-05-18T15:55:15Z
olly dondokambey bicara tentang pancasila
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bicara tentang pancasila kepada ribuan siswa dan guru di puncak Hardiknas Pemprov Sulut. Foto: ist.

MANADO, BININTA.COM - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Provinsi Sulawesi Utara yang digelar di SMA Negeri Guru Lombok di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (18/5/2022).

Dihadapan puluhan ribu siswa dan guru yang mengikuti kegiatan secara langsung dan daring, Olly Dondokmabey menyampaikan materi tentang Pancasila.

"Di Hari Pendidikan Nasional ini, kita diingatkan tentang Pancasila. Bahwa itu menjadi satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Olly.

Gubernur Sulut ini lalu memulai penjelasannya dari sejarah lahirnya Pancasila hingga bagaimana praktik Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya, kata Olly, adalah membantu tetangga yang sedang dalam kesulitan. "Jadi adik-adik harus menjaga solidaritas dan ikut membantu jika tetangga kita mengalami kesulitan," pesan Olly.

Selanjutnya Olly menekankan pentingnya gotong-royong sebagaimana budaya Mapalus yang dipegang masyarakat Sulawesi Utara.

"Belajarlah berbagi. Ini adalah sifat gotong-royong paling utama," pesan Olly lagi kepada ribuan siswa.

Pada kesempatan itu, Olly Dondokambey juga menyampaikan harapannya agar para siswa melatih nalar kritis untuk menyaring informasi agar dapat membedakan mana informasi yang benar dan hoaks.

"Siswa hebat itu harus mampu melihat mana yang benar dan hoaks," ujarnya sembari mengingatkan agar para siswa memberikan masukan ide-ide baru kepada guru di tengah perkembangan era digital ini.

Olly menyebut Pancasila sebagai bingkai NKRI untuk menjaga generasi-generasi muda agar kedepannya tetap menjaga Indonesia tetap bersatu.

"Pancasila menjadi bingkai bagi kita, apalagi untuk generasi-generasi muda, pasti Indonesia akan jaya terus dan tidak ada perpecahan," tandasnya.

(red)
×
Berita Terbaru Update